E-book atau Buku Cetak?

Posted by Unknown Wednesday, October 10, 2012 0 comments
Leher terasa pegal, pinggang kaya mau patah, mata cepat lelah adalah beberapa efek yang ditimbulkan saat kita tengah membaca. Terlebih jika berada di tempat yang pencahayaannya kurang apalagi gelap (gak keliatanan sama sekali). Jenuh dan bosan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan membaca. Namun jika melakukan aktivitas membacanya dengan senang hati dan ikhlas, efek samping diatas kecil kemungkinannya untuk terjadi. Namun bagi kebanyakaan orang termasuk mahasiswa, (jika dilontarkan dengan nada berlebihan) membaca adalah sebuah keharusan yang akan mempengaruhi kehidupannya sehingga terkesan sebagai sebuah paksaan. Hahaha...

Kondisi inilah yang harus disiasati agar proses belajar melalui membaca tetap berjalan dengan zero effect. Selain itu agar budaya membaca di semua kalangan termasuk mahasiswa tetap terjaga. Hendaknya dicari sebuah solusi atau alternatif lain sehingga kebosanan dan kejenuhan saat membaca dapat dihindari.

E-book adalah salahsatu alternatif yang dapat kita gunakan. Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan e-book. Hanya dengan bantuan perangkat seperti smartphone atau tablet, e-book secara praktis dapat kita bawa kemana-mana. Selain itu, dengan menggunakan e-book kita juga dapat menghemat penggunaan kertas dan ruang. Karena berupa sebuah file, e-book juga bersifat sharability yaitu penggunaannya dapat dinikmati oleh banyak orang. Tampilan yang lebih dinamis dan menarik dibandingkan buku konvensional juga menambah daya tarik tersendiri.

Namun dengan segudang kelebihan yang dimiliki e-book tersebut, penggunaan buku konvesional tetap menjadi pilihan banyak orang. Masyarakat belum terbiasa membaca e-book. Dengan berbagai alasan seperti tidak memiliki perangkat (hp, tablet, laptop), lebih suka membaca buku ketimbang e-book, cepat lelah jika terlalu lama berada di depan layar monitor dan lain-lain. Sebagian lagi memilih menggunakan e-book dengan alasan-alasan kepraktisan dan mengikuti perkembangan teknologi.

Apapun pilihan Anda terhadap medium bacaan, yang terpenting adalah tidak meninggalkan aktivitas membaca. Kita juga tidak bisa memaksa seseorang untuk menggunakan apa yang kita gunakan. Baik ebook maupun buku cetak memiliki kelebihan tersendiri dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi banyak orang. Bayangkan jika semua orang menggunakan e-book, masih adakah yang tertarik membuat sebuah buku? Bagaimanakah nasib para penulis buku, percetakan dan toko buku? Untuk itu pilihan berada di tangan Anda.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: E-book atau Buku Cetak?
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/10/ebook-dan-buku-cetak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.